Frisbee bukan hanya mainan anjing, karena Frisbee bisa dinikmati dan dimainkan oleh jutaan orang dan anjing. Sejarah Frisbee banyak diselimuti kontroversi. Konsep desain dan ide diklaim oleh banyak orang sebagai produk kreativitas dan inovasi mereka. Beberapa orang mengklaim hanya dengan ingatan individu tentang bagaimana mainan yang sedang naik daun ini tercipta.

Frisbie Baking Company, yang telah menjalankan bisnisnya sejak 1871 hingga 1958, didirikan di Bridgeport, Connecticut yang menjual pai ke perguruan-perguruan tinggi. Tidak lama setelah itu banyak orang menyadari bahwa bekas kue pai itu bisa digunakan sebagai mainan. Setelah kue pienya habis, para mahasiswa akan melemparkan dan menangkap wadahnya sebagai permainan atau olahraga. Universitas Yale mengklaim bahwa Frisbee ditemukan di kampusnya, mereka berpendapat bahwa seorang sarjana mereka dengan nama Elihu Frisbie secara tidak sengaja menciptakan gagasan itu dengan mengambil piringan timah dan melemparkannya dari kapel. Namun, sejarawan, menganggap hipotesis Yale sangat tidak mungkin.

Cerita lain yang serupa: Pada tahun 1948, seorang inspektur bangunan Los Angeles bernama Walter Morrison dan rekannya Warren Franscioni menciptakan versi plastik dari Frisbie yang dapat terbang lebih jauh dan bisa diarahkan lebih akurat daripada versi timah. Morrison dan Franscioni telah membubarkan kemitraan mereka sebelum kesuksesan nyata datang dari produk ini. Setelah perpecahan, Morrison menghasilkan model plastik yang disebut Pluto Platter, dalam upaya untuk mendapatkan keuntungan dari meningkatnya popularitas UFO dan minat masyarakat Amerika. Pluto Platter telah menjadi dasar desain untuk semua Frisbies; sepertiga bagian terluar dari cakram ini bahkan disebut dalam deskripsi paten sebagai “Lereng Morrison”.

Pemilik Wham-O Toy Company, Rich Knerr dan Spud Melin, membeli hak desain untuk Pluto Platter dari Morrison pada tahun 1955. Wham-O mulai memproduksi cakram ini pada tahun 1957 dan Morrison menerima royalti dalam bentuk uang senilai lebih dari satu juta dollar atas penemuannya.

Kata Frisbee merupakan sedikit variasi dari nama perusahaan pembuat kue aslinya dan merupakan merek dagang dari Wham-O. Penjualan meningkat secara dramatis setelah Wham-O memasarkannya sebagai olahraga, dan pada tahun 1964, model profesional pertama mulai dijual. Modifikasi muncul seiring waktu. Ed Headrick mendesain sebuah cakram dengan sekelompok punggung bukit yang ditinggikan yang menstabilkan penerbangan; bagian punggungan ini disebut Ring of Headrick.

Pada tahun 1967, siswa sekolah menengah di Maplewood, New Jersey, menemukan Ultimate Frisbee, olahraga yang diakui yang merupakan persilangan antara sepak bola, sepak bola, dan bola basket. Sepuluh tahun kemudian, suatu bentuk olahraga golf Frisbee diperkenalkan, lengkap dengan kursus dan asosiasi permainan yang profesional. Wham-O akhirnya menjual hak cipta Frisbee ke Mattel, tetapi sebelum mendapatkan hak cipta tersebut Mattel harus menjual 100 juta unit terlebih dahulu.